Minggu, 21 Maret 2010

BIAYA PRODUKSI

BIAYA PRODUKSI DAN PENERIMAAN

Macam-Macam Biaya Produksi

Biaya produksi adalah semua pengeluaran perusahaan untuk memperoleh factor-faktor produksi yang akan digunakan untuk menghasilkan barang-barang produksi oleh perusahaan tersebut. Untuk analisis biaya produksi perlu diperhatikan dua jangka waktu, yaitu

(1)          jangka panjang, yaitu jangka waktu di mana semua faktor produksi dapat mengalami perubahan dan

(2)          jangka pendek, yaitu jangka waktu dimana sebagian faktor produksi dapat berubah dan sebagian lainnya tidak dapat berubah. Dalam bab ini hanya dibahas biaya produksi jangka pendek

Biaya produksi dapat dibedakan ke dalam dua macam, yaitu

(1)          Biaya tetap (fixed cost)

(2)          Biaya variabel (variable cost).

Dalam analisis biaya produksi perlu memperhatikan

(1)          biaya produksi rata-rata : yang meliputi biaya produksi total rata-rata ,biaya produksi tetap rata-rata, dan biaya variabel rata-rata ; dan

(2)          biaya produksi marjinal, yaitu tambahan biaya produksi yang harus dikeluarkan untuk menambah satu unit produksi.

 

Jadi, dari segi sifat biaya dalam hubungannya dengan tingkat output, biaya produksi dapat dibagi ke dalam:

(1) Biaya Total ( Total Cost = TC) . Biaya total adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produksi.

TC = TFC + TVC

Dimana TFC = total fixed cost; dan TVC = total variable cost.

(2) Biaya Tetap Total (total fixed cost = TFC). Biaya tetap total adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh faktor produksi yang tidak dapat berubah jumlahnya. Sebagai contoh : biaya pembelian mesin, membangun bangunan pabrik, membangun prasarana jalan menuju pabrik, dan sebagainya.

(1) Biaya Variabel Total (total variable cost = TVC). Biaya variabel total adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh faktor produksi variabel. Contoh biaya variabel : upah tenaga kerja, biaya pembelian bahan baku, pembelian bahan bakar mesin, dan sebagainya.

(2) Biaya Tetap Rata-Rata (Average Fixed Cost = AFC). Biaya tetap rata- rata adalah biaya

tetap total dibagi dengan jumlah produksi.TFC

AFC = ------- ( di mana Q = tingkat output)Q

(3) Biaya Variabel Rata-Rata ( Average Variable Cost = AVC). Biaya variabel rata-rata  dalah biaya variabel total dibagi dengan jumlah produksi.TVC

AVC = --------Q

(4) Biaya Total Rata-Rata ( Average Total Cost = AC). Biaya total rata-rata adalah biaya total dibagi dengan jumlah produksi.T C

AC = --------- atau AC = AFC + AVC.

 (5) Biaya Marginal ( Marginal Cost =MC). Biaya marginal adalah tambahan biayaproduksi yang digunakan untuk menambah produksi satu unit.

DTC

MC = ---------DQ

 

6.2. Kurve Biaya Produksi

Kurve biaya produksi adalah kurve yang menunjukkan hubungan antara jumlah biaya

produksi yang dipergunakan dan jumlah produk yang dihasilkan. Pada umumnya biaya

produksi ditunjukkan oleh sumbu vertikal dan jumlah produk oleh sumbu horizontal. Kurve

ini bisa diperoleh dengan diketahuinya : (1) kurve produk totap (KPT), dan (2) harga-harga

per unit input yang digunakan.

Kurve Total Variabel Cost (TVC) dan Kurve Total Cost (TC)

Kurve Biaya Tetap Rata-Rata ( Average Fixed Cost= AFC )

Kurve Biaya Variabel Rata-Rata (Average Variable Cost= AVC)

Kurve Biaya Total Rata-Rata (Average Total Cost = ATC) dan Kurve Biaya Marginal (

Marginal Cost)

Biaya Total Variabel (Rp.) Biaya Total (TC)

TVC TFC + TVC = TC

6.3. Penerimaan (Revenue)

Penerimaan adalah penerimaan produsen dari hasil penjualan outputnya. Terdapat tiga konsep penting tentang revenue yang perlu diperhatikan untuk analisis perilaku produsen. (1) Total Revenue (TR), yaitu total penerimaan produsen dari hasil penjualan outputnya. Jadi, TR = Pq Q, dimana Pq = harga output per unit; Q = jumlah output. (2) Average Revenue (AR), yaitu penerimaan produsen per unit output yang dijual.

(3)   Marginal Revenue (MR), kenaikan TR yang disebabkan oleh tambahan penjualan satu unit output.

 

KONSEP-KONSEP PENTING DALAM BAB INI

· Konsep Biaya ( TFC, TVC, TC, AFC, AVC (MC) , ATC (AC)

· Hubungan antara TC dan Produk Total (PT)

· Hubungan antara MC, MR, dan AC

· Konsep revenue ( TR, AR, MR)

· Hubungan antara TR, MR, AR, dan Elastisitas harga

· Dalil Keuntungan Maksimum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar