Minggu, 30 Mei 2010

Opini "Andai Aku Menjadi"

Nama : Harih Susanto

Kelas    : 1 ID 05

NPM     : 34409768

Bagaimana memperbaiki Indonesia

“Andai Aku Menjadi ”

1.              President

Dalam memperbaiki suatu bangsa dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu memimpin bawahannya dan mengkoot\rdinasi segala kebijakan yang akan dilakukan demi kepentingan bersama, tidak mementingkan golongan maupun dirinya sendiri.

Indonesia sebagai bangsa yang besar berazaskan pancasila menggunakan system politik Presidensil tentunya kebijakan utama di tangan seorang Presiden karena pada hakekatnya dialah pimpinan tertinggi dalam pemerintahan. Seorang presiden haruslah tegas berprinsip kepentingan umum untuk rakyatnya terutama rakyat kecil, karena merekalah yang membutukan kebijakan dalam bernegara agar tidak tertindah oleh kalangan elit.

Andai jadi persiden tentunya  sikap tegas akan segala kebijakan dengan cara musyawarah mufakat di jadikan prioritas dalam mengambil kebijakan. Memilih pembantu president (menteri-menteri) dari kalangan yang mampu menangani bidang yang di embankan dan sesuali dengan latar belakang dari sosok tersebut. Mengambil kebijakan yang lebih mengepentingkan kalangan kecil karena semua hal yang ada berasal dari mereka, misalkan padi di tanam oleh petani, nelayan, dll. Sebagai presiden kelak saya akan berusaha semaksimalkan mungkin mengabdikan diri saya sebagai pemimpin yang mengabdikan diri demi kepentingan bersama, bukan kepentingan pemerintah saja melainkan kepentingan semua golongan.

 

2.              Menteri

Sebagai seorang menteri yang merupakan orang pilihan presiden yang diemban tugas berat tentunya dalam menjalankan tugas haruslah amanat sesuai dengan amanat yang diberikan, hal ini disebabkan pemerintah tidak dapat mementau semua tanpa adanya seorang menter, sebagai seorang menteri harus bertanggung jawab terhadap bidang yang di tugaskan. Misalkan dia memantau departemennya sendiri untuk memperbaiki kinerja kearah lebih baik yang mampu menjalankan roda pemerintahan dengan menjadi manfaat kalangan umum bukan menjadi mudarat bagi semua. Mengedepankan program kerakyatan dan mengedepankan potensi sendiri serta pemakaian produk dalam negri merupakan langkah dasar yeng menjadi prioritas seorang menteri dalam menjalankan tugasnya karena dengan memenfaatkan potensi diri (masyarakat dan alam Indonesia) tentunya akan memperbaiki Indonesia itu sendiri baik dari masyarakat maupun ekonomi.

 

3.              Gubernur

Sebagai gubernur yang merupakan pemimpin dri suatu nagian wilayah Negara tentunya bertanggung jawab akan daerahnya untuk segala bidang, ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata, sosbud dan hubungan dengan luar. Dengan mempromosikan daerahnya sebagai suatu daerah investasi tentunya akan mendorong laju pertumbuhan perekonomian daerah, mengenalkan potensi daerah dan masyarakat merupakan salah saru program dalam roda perekonomian. Perbaikan dalam system pemerintahan akan pegawan negeri pada wilayahnya merupakan agenda yang resmi dijalankan agar masyarakat dalam memenfaatkan fasilitas pemerintah dapat diatasi dengan baik dan cepat (pelayanan public).

 

4.              Atlit

Sebagai warga Negara yang baik dengan segala profesi yang dimiliki haruslah sepenuh hati untuk memajukan kepentingan bangsa, apalagi sebagai atlit tentunya menjadi kebanggaan bangsa dalam dunia internasional merupakan kebanggaan yang tak dapat terungkapkan. Dalam segala pertandingan tentunya harus selalu bersungguh-sungguh karena membawa nama bangsa, dimanapun pertandingan tersebut dilakukan. Bersungguh-sungguh, berlatih sekuat tenaga, dan menang menjadikan moto dlam setiap pertangungan serta yang tidak kalah penting adalah menularkan ilmu kepada generasi berikutnya agar dapat mengharumkan nama bangsa dikanca internasional.

 

5.              Pengusaha

Sebagai pengusaha tentunya harus mematuhi eraturan yang sudah dibuat pemerintah misalkan tempat usaha yang sesuai dengan criteria yang telah ditetapkan, serta membayar pajak. Menjamin kesejahteraan karyawan karena mereka merupakan salah satu asset dalam menjalankan usaha, memakai ahli dalam negeri dan memakai prosuk dalam negeri.

 

6.              Sarjana

Sebagai orang yang mempunyai pendidikan tinggi seorang sarjana tentunya setelah dia lulus dari universitas tentunya akan mencari kerja. Namun disisilain sebagai seorang dengan pendidikan tinggitidaklah perlu mencari kerja namun menciptakan kesempatan kerja bagi orang lain, hal ini bertujuan untukmengurangi penganguran dari orang yang pendidikannya relative rendah.

 

7.              Petani

Sebagai petani saya akan berjuang sekuat tenaga dengan menanam padi untuk memenuhi kebutuhan makan keluarga terlebih apabila dalam jumlah banyak mampu di manfaatkan orang banyak, karena tugas petani merupakan pekerjaan yang mulia.

 

8.              Jadi diri sediri

Sebagai manusia yang berada dilingkungan social tentunya tidak jauh dari pergaulan masyarakat, dalam hal ini kemampuan peribadi baik dari segi vinansial, IQ dll haruslah sesuai dengan kemampuan tidak melebih-lebihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar